-->

Contoh dan Jawaban Soal Penyiapan Bujukan ,Ajakan dalam Menulis Teks Persuasi

Judul Soal : Contoh dan Jawaban Soal Penyiapan Bujukan ,Ajakan dalam Menulis Teks Persuasi
Materi Kelas :  Kelas 8
Tema Materi : Belajar Pesuatif
 Ringkasan Materi :Bab 7

Contoh dan Jawaban Soal Penyiapan Bujukan ,Ajakan dalam Menulis Teks Persuasi
KJ buku paket bahasa indonesia hal 193 ini sengaja admin postingkan untuk kalian semua yang digunakan untuk bahan evaluasi belajar tentang soal penyiapan bujukan dan ajakan dalam menulis teks persuasi, soal diambil dari buku paket bahasa indonesia kelas 8 bab 7 di dalam kegiatan 7.7 . Kunci Jawaban ini jangan dijadikan sebagai bahan contekan saja namun jadikan kj ini sebgai bahan evaluasi belajar kalian dalam menguasia materi tentang Penyiapan Bujukan dan Ajakan dalam teks Persuasi


Contoh dan Jawaban Soal Penyiapan Bujukan ,Ajakan dalam Menulis Teks Persuasi


Kegiatan 7.7

Baca kembali kedua teks di bawah ini. Tindakan apa yang diharapkan penulis masing-masing cuplikan teks tersebut dari pembacanya? Adakah fakta pendapat di dalamnya yang memperkuat bujukan itu? 

1.Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.

2. Tokoh kartun Shincan dianggap tidak dapat dijadikan model yang baik
untuk anak-anak. Banyak protes yang ditujukan kepadanya melalui surat pembaca di berbagai media cetak. Protes sebagian besar dilakukan oleh ibu- ibu. Mereka menyatakan bahwa Shincan mempunyai kelakuan negatif yang tenyata banyak diikuti oleh anak-anak. Tokoh Shincan memang mempunyaikarakter sebagai penebar virus yang berbahaya.

Harapan Penulis Fakta/Pendapat yang Disajikan
perokok menghentikan kebiasaan merokoknya sebelum kecanduan. Fakta yang disajikan :
- Di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka.
Pendapat yang disajikan:
- Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka.
Pembaca tidak menonton atau membaca komik dengan tokoh Shincan karena mempunyai karakter sebagai penebar virus yang berbahaya. Fakta yang disajikan :
- Banyak protes yang ditujukan kepadanya melalui surat pembaca di berbagai media cetak.
Pendapat yang disajikan :
- Mereka menyatakan bahwa Shincan mempunyai kelakuan negatif yang tenyata banyak diikuti oleh anak-anak.

LihatTutupKomentar