-->

Contoh dan Jawaban Soal Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi

Judul Soal : Contoh dan Jawaban Soal Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi
Materi Kelas : Kelas 8
Buku Paket : Bahasa Indonesia Kelas 8
Halaman : 190
Tema Materi : Belajar Persuatif
Ringkasan Materi :Bab 7

Contoh dan Jawaban Soal Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi
Kunci Jawaban Halaman 190 Buku Bahasa Indonesia Paket Kelas 8 . Soal Kaidah kebahasaan Teks Persuasi diambil dari buku paket bahasa indonesia kurikulum 2013. jawaban admin postingkan untuk kalian semua sebagai bahan referensi dalam menjawab soal menelaah Kaidah Bhasa Teks Persuasi, jangan jadikan jawaban ini hanya sekedar contekan , namun jadikan jawaban soal hal 190 buku paket bahasa indonesia ini sebagai bahan evaluasi kalian setelah menjawab soal dari buku paket bahasa indonesia kelas 8 pada bab 7 di latihan atau kegiatan 7. 6

Contoh dan Jawaban Soal Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi



Kegiatan 7.6
A.
1. Amatilah kembali teks yang berkenaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda di depan secara berkelompok.
2. Buktikan aspek kebahasaannya bahwa teks tersebut tergolong ke dalam jenis teks persuasi.
3. Catatlah aspek-aspek kebahasannya itu ke dalam tabel berikut.
4. Kemudian, rumuskanlah simpulanmu tentang ciri teks tersebut berdasarkan aspek-aspek kebahasaannya itu.

Aspek Kebahasaan Hasil Pengamatan
a. Bujukan, ajakan *Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya.
*Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran: masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa.
*Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa, sudah sewajarnya jika pada masa-masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam sumpah pemuda.
*Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.
*Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebajikan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing.
*Demikianlah, semoga semangat persatuan yang tecermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan moda perjuangan membela bangsa dan negara.
b. Pendapat Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan, termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah.
c. Fakta *Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda".
*Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.
*Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
d. Kata teknis (Istilah) Ikrar
senjata
modal
predikat
e. Konjungsi Kausalitas Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak porandakan kehidupan bangsa. (konjungsi kausalitas : karena itulah)
f. Kata Kerja mental *Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda". (kata kerja mental : mewujudkan, melahirkan)
*Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. (kata kerja mental : menyambut, mengambil)
*Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. (Kata kerja mental : menghadapi, menghadapinya)
*Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.(kata kerja mental : mengucapkan, mengusir, memorak-porandakan)
g. Kata Perujukan Tidak ada kata perunjukan pada teks tersebut, seperti :seperti berdasarkan data..., merujuk pada pendapat.....
Simpulan Teks pidato "Perlunya Memperingati Hari Sumpah Pemuda termasuk dalam teks persuasi karena mengandung penyataan-pernyataan yang mengandung ajakan, dorongan, atau bujukan. Kaidah kebahasaan yang digunakan pun menunjukkan bahwa teks tersebut adalah teks persuasi. Tetapi teks di atas kurang mencantumkan kata-kata perunjukan yang digunakan untuk lebih meyakinkan dan memperkuat bujukan yang digunakan penulis sebelum ataupun sesudahnya.

LihatTutupKomentar